Mengapa Harus Berdzikir? Dan Apa Faedahnya

by

 

MENGAPA HARUS BERDZIKIR?

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang penting untuk dijawab dalam pembukaan tulisan ini. Hal itu agar menjadi pendorong bagi setiap muslim untuk selalu menjaga dan komitmen dalam melaksanakannya sepanjang hayat masih di kandung badan, bagaimanapun banyaknya pekerjaan dan kesibukan. Adapun jawaban unik yang jarang anda temukan dari pertanyaan ini adalah seperti apa yang dituturkan oleh al-‘Allamah Ibnul Qoyyimsemoga Allah merahmatinya– dalam bukunya yang sangat berharga “al-Wabilul ash- Shoyyib” yang menyebutkan 80 faedah. Kita sebutkan disini beberapa point-point penting secara global faedah dzikir berikut ini:

Faedah Dzikir Dalam Islam

-Dzikir itu dapat menghilangkan kesusahan, kesedihan dan kegundahan dari hati, mendatangkan kesenangan dan kegembiraan ke dalam hati serta menguatkan dan menghidupkan hati. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnul Qoyyimsemoga Allah merahmatinya-: “Dzikir bagi hati seperti air bagi ikan, maka bagaimana- kah kondisi ikan itu tanpa air?”

-Dzikir itu mewariskan untuk seorang muslim perasaan Muroqobatullah (selalu berada  di bawah pengawasaan Allah), serta dorongan untuk selalu kembali dan dekat kepada-Nya. Hal itu akan melahirkan kondisi di mana ia akan selalu ingat kepada Allah ﷻ dengan hatinya dalam berbagai kondisi. Dan cukuplah Allah ﷻ sebagai tempat kembali, pelarian dan tempat meminta perlindungan dari segala bala’ dan musibah.

-Dzikir itu adalah penyebab di mana Allah ﷻ akan selalu ingat dan menyebut hamba- Nya sebagaimana firman Allah ﷻ :

Maka ingatlah kalian kepada-Ku pasti Aku akan ingat kalian.” (Q.S. al-Baqorah: 152)

Dan Rasulullah ﷺ bersabda dalam meriwayatkan firman Allah ﷻ :

Barangsiapa yang mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku akan ingat ia dalam diri-Ku. Dan barangsiapa yang mengingat-Ku dalam suatu kumpulan, maka Aku akan ingat dia dalam suatu kumpulan yang lebih baik dari pada kumpulan mereka.”

Dan bila dzikir itu tidak memiliki faedah kecuali yang ini saja, maka cukuplah hal ini merupakan suatu kemuliaan dan keutamaan.

-Dzikir itu adalah menu dan makanan hati dan ruh. Dan sebagaimana badan akan hancur tanpa makanan dan minuman demikian pula dengan hati dan ruh akan hancur tanpa dzikir.

Ibnul Qoyyim berkata: “Suatu kali saya mendatangi Syekh Islam Ibnu Taimiyah sedang sholat Subuh, lalu duduk untuk dzikir kepada Allah hingga dekat tengah hari, kemudian beliau menoleh kepadaku dan berkata: “Inilah makan siangku kalau saya tidak makan siang maka kekuatanku akan habis!” (atau perkataan yang seperti itu).

Pada kesempatan lain, beliau berkata kepadaku: “Saya tidak pernah meninggalkan dzikir kecuali dengan niat mengumpulkan dan mengistirahatkan Jiwaku sebagai persiapan untuk melakukan dzikir yang lain.”

-Dzikir itu menghilangkan dan menghapus kesalahan, sebagaimana dzikir adalah kebaikan yang paling besar di mana kebaikan itu akan menghapus kejelekan.

-Dzikir itu menghilangkan perasaan sunyi antara hamba dan Tuhannya sementara orang yang lalai dari mengingat Allah ﷻ, maka antara ia dan Allah ﷻ akan selalu berada dalam perasaan asing dan sunyi. Perasaan ini tidak akan hilang kecuali dengan Dzikrullah.

-Dzikir itu membebaskan seorang hamba dari penyesalan di hari kiamat. Jadi seorang hamba yang tidak mengingat Allah ﷻ di dalam suatu majelis maka ia akan ditimpa kecelakaan dan penyesalan di hari kiamat.

-Dzikir itu adalah tanaman di surga, Rasulullah ﷺ bersabda: “Pada malam Isro’ku aku bertemu dengan (nabi) Ibrahim beliau berkata: “Wahai Muhammad!! Sampaikan salamku kepada umatmu dan beritahu mereka bahwa surga itu tanahnya subur dan airnya jernih, tapi tidak ada tanamannya dan tanamannya itu adalah bacaan:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَ لاَ اِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَ اللَّهُ أَكْبَرُ

-Sesungguhnya       rutinitas melakukan Dzikrullah memastikan seseorang aman dari melupakan Allah ﷻ yang merupakan sebab kecelakaan seorang hamba dalam hidupnya dan ketika kembali (kepada- Nya). Karena seseorang yang lupa kepada Allah ﷻ menjadikan ia lupa kepada diri dan kemaslahatannya sendiri. Dan bila ia lupa kepada dirinya sendiri maka ia akan berpaling, lupa dan lalai akan kemaslahatannya yang pada akhirnya ia pasti akan hancur dan binasa.

Sebagaimana orang yang memiliki kebun, ternak dan semacamnya di mana kemaslahatannya harus dijaga dan dipelihara tetapi kemudian ia lalaikan dan telantarkan serta tidak memperhatikannya maka pasti itu semua akan hancur.

-Dengan banyak Dzikir kepada Allah ﷻ maka kita akan aman dari sifat munafik, karena mereka sedikit mengingat Allah ﷻ , sebagaimana dalam firman-Nya:

Dan tidaklah mereka ingat Allah kecuali sedikit.” (Q.S. an-Nisaa: 142)

Ka’ab berkata: “Barangsiapa yang banyak Dzikir kepada Allah maka ia akan terbebas dari sifat munafik.”

-Dzikir itu mengusir dan melumpuhkan setan, dimana setan itu akan merasa asing dari manusia karena mereka adalah musuhnya. Bagaimana menurut anda bila seseorang dikepung oleh musuh-musuhnya yang sangat jengkel dan marah kepadanya, lalu dengan sekuat tenaga berusaha menimpakan gangguan dan kejahatan kepadanya? Maka tidak ada jalan lain untuk memporak-porandakan kepungan setan itu kecuali dengan Dzikrullah.

-Hati seseorang itu ada kerasnya dan tidak ada yang dapat melunakkannya kecuali dengan Dzikrullah. Maka seorang hamba hendaknya mengobati kekerasan hatinya dengan Dzikrullah.

-Dzikrullah adalah penolong yang paling berperan dalam ketaatan kepada Allah ﷻ , karena Dzikrullah menjadikan seorang hamba cinta, mudah dan menikmati ketaatan. Dan menjadikan ketaatan itu sebagai penyejuk mata, kenikmatan dan kebahagiannya dimana ia tidak merasakan kecapaian, kesulitan dan keberatan dalam melaksanakan ketaatan seperti yang dirasakan oleh orang yang lalai dari Dzikirulah, dan pengalaman menunjukkan hal itu.

Demikianlah beberapa penjelasan singkat mengapa harus berdzikir dengan faedah-faedah yang di dapatkan agar kita selaku umat Rasulullah ﷺ bisa meneladani beliau dengan mengamalkan sunnah-sunnah beliau yang terkecil terlebih dahulu dan faedah dzikir merupakan amalan yang memiliki pahala sangat besar disisi Allah ﷻ . dan untuk bisa mempraktikkannya langsung anda bisa mendownload atau mendengarkan dzikir pagi dan petang sesuai sunah Nabi ﷺ yang bisa di download secara gratis disini.

Download dzikir pagi dan petang I versi pdf [download] atau [dengarkan mp3]

Download dzikir pagi dan petang II versi pdf [download] atau [dengarkan mp3]

Download dzikir pagi dan petang versi cetak [download]

Sumber: https://d1.islamhouse.com/data/id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *